Kamis, 05 Maret 2015

Inilah Sejarah Masuknya Email di Indonesia



Sejarah e-mail di Indonesia tentu bersamaan dengan masuknya tehnologi internet tersebut. Tulisan perihal eksistensi jaringan internet di Indonesia bisa anda saksikan di artikel-artikel di sebagian mass media. Juga sebagai misal yaitu “Jaringan Internet Cost Murah Memakai Radio” pada Kompas edisi November 1990. Bila dikilas balik lebih jauh, Internet di Indonesia masuk jauh saat sebelum artikel di Kompas itu di buat. Kemungkinan internet masuk di Indonesia mulai sejak th. 1980-an. Seputar th. 1988, pemakai Internet Indonesia memakai CIX dari Inggris serta Compuserve buatan Amerika Serikat untuk terhubung Internet.

sejarah e-mail di indonesia

CIX tawarkan layanan e-mail serta newsgroup, lantas tawarkan juga HTTP serta FTP. Compuserve juga setali tiga duit, pada th. 1989 tawarkan layanan sejenis. Pemakai internet waktu itu menggunakan modem 1200 bps serta memakai saluran telephone internasional yang sangatlah mahal. Compuserve sedikit tidak sama, mereka memakai modem yang disalurkan pada gateway infonet yang ada di Indonesia, berpusat di Jakarta. Alamat internet protocol (IP) pertama di Indonesia yaitu UI-NETLAB (192. 41. 206/24) yang didaftarkan Kampus Indonesia pada 24 Juni 1988. Pada th. 1994, nampak Internet Service Provider (ISP) komersial yang pertama di Indonesia, yaitu IndoNet. Sesudah tahun-tahun itu, Internet di Indonesia berkembang dengan cepat sampai hari ini kita bisa nikmati internet dengan murah dirumah. Lantas sebagai pertanyaan, kapan e-mail pertama kali nampak atau histori e-mail diawali di Indonesia?

Dalam artikel berjudul “Hikayat Awal Pemakaian Milis di Indonesia, Rahmat M. Samik Ibrahim menyampaikan bahwa pada th. 1980-an ada suatu skrip yang bisa kirim pesan atau e-mail ke semua staf pada mesin computer mini Pusat Pengetahuan Computer Kampus Indonesia (PUSILKOM UI) yang memakai data general berbasis Advanced Operating Sistem/Virtual Storage (AOS/VS) . Ada lagi catatan perihal sebagian akademisi UI, yaitu Johny Moningka serta Jos Luhukay pada th. 1983 meningkatkan pesan berbasis Unix serta ethernet. Mungkin ini yaitu histori e-mail pertama Indonesia, walau tak tutup kemungkinan dunia usaha di Indonesia telah memakai e-mail dalam pekerjaan mereka jauh saat sebelum itu.

Pada th. 1980-an sampai akhir 1990-an, milis sangatlah disenangi oleh beberapa orang. Milis digunakan untuk fasilitas komunikasi pelajar yang diluar negeri serta fasilitas komunikasi beragam komune di Indonesia. Milis ini seperti jejaring sosial di masanya. Milis sendiri yaitu group diskusi di internet. Seorang dapat berlangganan serta turut dan dalam suatu diskusi. Ada satu alamat e-mail spesial yang saat anda kirim suatu pesan ke alamat itu jadi pesan anda bakal diteruskan pada semua anggota milis. Sudah pasti maraknya milis menunjukkan bahwa pemakaian e-mail telah marak di Indonesia saat itu. Sayangnya riset selanjutnya perihal siapa yang memakai e-mail pertama kali, pada siapa diantar serta apa berisi tak pernah dikerjakan.

0 komentar:

Posting Komentar