Kamis, 05 Maret 2015

Inilah Sejarah CPU atau Prosesor pada Komputer



Sekarang ini computer atau notebook bukan merupakan barang langka yang cuma bisa dipunyai segelintir orang saja. Walau demikian computer sudah jadi sisi dari kehidupan kita keseharian. Salah satu unsur utama dalam computer aalah CPU atau central processing unit atau dalam bhs Indonesia dikatakan sebagai Unit Pemrosesan Pusat. CPU yaitu sisi yang dapat disebutkan inti dari seluruhnya. Tidak ada CPU, jadi computer akan tidak dapat berperan lantaran CPU yaitu pengatur serta pengolah data yang ad dalam computer. Lempengan memiliki bahan basic silikon yaitu bentuk dari CPU itu, tetapi janganlah salah, walau kecil tetapi di dalamnya ada kian lebih 10 juta transistor. CPU ini kerap dikatakan sebagai chip.

Perihal mikroprosesor

Perubahan CPU dari saat ke saat makin tinggi serta cepat. Timbulnya processor dengan diawali hadirnya mikroprosesor yang di buat oleh Intel Corporation. Pada saat itu, Intel yaitu hanya satu pembuat processor. Walau demikian sekarang ini telah banyak perusahaan-perusahaan yang bisa bikin processor. Mikroprosesor yang pertama yaitu seri 4004 yang dikeluarkan oleh Intel pada th. 1971. Mikroprosesor ini digunakan untuk mesin kalkulasi buscom yang bisa lakukan manfaat menambahkan serta pengurangan. Intel keluarkan mikroprosesor seri 8008 dengan kecepatan 2 x dari mulanya pada th. 1972. Pucaknya pada th. 1974, Intel keluarkan satu seri processor, yaitu 8080 yang mempunyai kecepatan 10 kali dari pada processor pada awal mulanya. Mikroprosesor ini memakai tehnologi CMOS.

Lahir serta berkembangnya prosesor

Pada th. 1978, lahir processor generasi pertama, yaitu seri 8086 dari Intel yang disebut CPU 16-bit pertama. Processor ini dinilai terlampau mahal saat itu, hingga pada th. 1979 Intel keluarkan rancangan lagi dengan seri 8088 yang mempunyai lebar bus data eksternal sebesar 8 bit. Lantas ada processor generasi ke-2, yaitu 80186 serta 80188 yang dikeluarkan oleh Intel pada th. 1982. Seri ini ditujukan untuk kerjakan beberapa hal yang lebih khusus. Pada th. itu Intel juga keluarkan processor dengan seri 80286. Processor ini kerap dimaksud dengan nama 286 yang disebut processor berjenis 16-bit. Kekuatan processor ini sangatlah jauh dibanding seri pada awal mulanya. Processor 286 ini mensupport memori sampai 16 MB serta pertama kali jalan pada kecepatan 6 MHz. Inovasi setelah itu bikin processor ini dapat jalan pada 12, 5 Mhz.

Feature yang ada pada processor 286 ini yaitu protected process di mana hal semacam ini menolong feature virtual memori, paging serta yang lain tingkatkan performanya dalam kontrol system operasi pada software. Pada th. itu, yaitu 1982, Intel memberi lisensi pada AMD untuk menghasilkan processor yang sama. Hal semacam ini ditujukan Intel untuk penuhi pasokan processor pada IBM. AMD lantas keluarkan versus clone dari Intel 80286 dengan nama AM286 dengan kecepatan kerja sampai 20 Mhz. Processor generasi ketiga Intel launching pada 17 Oktober 1985, yaitu seri 386 yang disebut processor pertama Intel yang jalan pada 32-bit. Kecepatan awal waktu launching yaitu 16 Mhz serta seri paling akhir yaitu 33 Mhz. Selang beberapa saat, AMD juga keluarkan versus sama, yaitu AM386 yang mempunyai kecepatan 40 Mhz.

Kemudian keluar generasi ke empat processor yaitu dengan timbulnya Intel 486 pada kecepatan hingga 50 Mhz. Ketika itu, Intel mengintegrasikan SRAM sebesar 8 Kb yang berperan menaruh perintah yang kerap dipakai serta ada Floating Point Unit (FPU) yang melaksanakan perhitungan floating yang cepat. Tidak lama, keluar AMD dengan AMD486, keluar juga Cyrix yang memakai instruksi sama dengan Intel 486. Th. 1993 yaitu th. akselerasi. Sejak timbulnya generasi processor Intel yang ke lima, yaitu Pentium, jadi perubahan processor jadi amat cepat, seperti saat ini yang anda saksikan sekarang ini.

Sekian yaitu histori singkat tentang processor. Semoga berguna.

0 komentar:

Posting Komentar