Kamis, 12 Maret 2015

Inilah Sejarah Komputer Generasi Keempat



Pada akhirnya tiba juga pada artikel computer generasi ke empat. Pada artikel ke empat ini agak panjang sedikit, selamat membaca



Computer Generasi Keempat

Sesudah IC nampak, maksud Pengembangan Computer jadi lebih terang yakni memperkecil ukuran sirkuit serta komponen-komponen elektronik. Large Scale Integration atau LSI bisa berisi beberapa ratus komponen dalam satu chip. Lalu th. 1980-an, Very Large Scale Integration atau VLSI berisi beberapa ribu komponen dalam satu chip tunggal.

ULSI atau yang dimaksud dengan Ultra-Large Scale Integration dapat tingkatkan jumlah itu jadi jutaan. Kekuatan untuk menempatkan banyak komponen dalam satu keping yang memiliki ukuran 1/2 keping duit logam mendorong turunnya harga serta ukuran komputer

Hal semacam itu nyatanya juga dapat tingkatkan daya kerja, efisiensi serta Kehandalan computer. Chip Intel 4004 yang sudah di buat pada th. 1971 membawa efek perkembangan pada IC dengan menempatkan semua komponen dari suatu computer (yakni central processing unit, memori, serta kendali input/output) dalam suatu chip yang sangatlah kecil. Saat sebelum itu, IC di buat untuk kerjakan satu pekerjaan spesifik yang berbentuk khusus. serta Saat ini, suatu mikroprosesor bisa di ciptakan serta lalu diprogram untuk penuhi seluruhnya keperluan yang di idamkan. Tak lama kemudian, tiap-tiap piranti rumah tangga seperti microwave oven, tv, serta mobil dengan electronic fuel injection, seluruhnya dilengkapi dengan alat yang dimaksud mikroprosesor.

Perubahan yang sedemikian ini bisa sangat mungkin beberapa orang umum untuk memakai computer. Computer tak akan jadi dominasi perusahaan-perusahaan besar maupun instansi pemerintahan. lalu pada pertengahan th. 1970-an,

Perakit computer tawarkan hasil ciptaan computer mereka ke orang-orang umum. Komputer-komputer itu, yang dimaksud dengan mini computer, mini computer itu di jual dengan paket piranti lunak atau software yang gampang untuk dipakai oleh kelompok pemula. Piranti lunak atau software yang paling popular pada saat itu yaitu program word processing serta spreadsheet.

Lalu pada th. 1981, IBM coba memperkenalkan pemakaian mesin computer yang dimaksud dengan Personal Computer (PC) untuk pemakaian dirumah, kantor, serta sekolah. PAda th. 1981 pemakaian Personal kumputer cuma 2 juta unit lalu pada th. 1981 lelonjak naik jadi 5, 5 juta unit. Lantas sepuluh th. lalu, PC sejumlah 65 juta sudah dipakai. Computer meneruskan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang ada diatas meja yang umum dimaksud dengan desktop computer, jadi computer yang bisa dimasukkan ke tas atau dimaksud dengan laptop, atau bahkan juga computer yang bisa digenggam yakni palm top.

lantaran computer sudah dapat jadi ladang usaha yang cerah, jadi timbulnya persaingan pada IBM PC dengan perusahaan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar computer. Apple Macintosh sebagai populer lantaran dapat mempopulerkan system grafis pada komputernya, sesaat saingannya yang masih tetap memakai computer yang berbasis teks. Perusahaan Macintosh juga mempopulerkan pemakaian piranti keras mouse.

Sekarang ini kita sudah mengetahui perjalanan IBM compatible dengan menggunakan CPU : IBM PC/486, Pentium, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4 (Serial dari CPU ciptaan dari Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Itu seluruhnya termasuk juga ke kelompok computer generasi ke empat.

Bersamaan dengan menjamurnya serta berkembangnya pemakaian tehnologi computer ditempat kerja, lalu beberapa cara baru untuk menggali potensia yang ada di computer selalu di kembangkan. Dengan jadi tambah kuatnya satu computer mini, komputer-komputer itu dapat dikaitkan dengan cara berbarengan didalam satu jaringan (net) untuk sama-sama sharing memori, piranti lunak, info, serta agar bisa sama-sama berkomunikasi satu dengan yang lain dalam satu saat. Computer jaringan sangat mungkin suatu computer bisa membuat hubungan kerja elektronik untuk merampungkan satu sistem pekerjaan. Dengan memakai tehnik pengkabelan segera (juga sebagai misal yaitu seperti local ruang network, LAN), atau kabel telephone, lalu jaringan ini bisa berkembang jadi jaringan yang sangatlah besar serta selalu berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar