Rabu, 11 Maret 2015

Inilah Sejarah Komputer Generasi Kedua



Generasi pertama sudah usai dibicarakan pada artikel terdahulu, saat ini waktunya mengulas pada generasi ke-2.



Komputer Generasi Kedua

Th. 1948, penemuan transistor sangatlah punya pengaruh pada perubahan computer saat itu. Transistor menukar tube vakum di tv, radio, serta computer. hingga beresiko pada pergantian ukuran mesin-mesin elektrik yang awal mulanya mempunyai ukuran yang besar jadi ukuran yang lebih kecil.

Transistor mulai digunakan dalam tehnologi computer diawali pada th. 1956. Penemuan lain yang berbentuk pengembangan memori inti-magnetik menolong pengembangan computer generasi ke-2 yang lebih kecil, lebih cepat, semakin dapat dihandalkan, serta lebih irit daya di banding beberapa pendahulu pada awal mulanya. Mesin pertama yang bisa memakai tehnologi baru ini yaitu superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, serta Sprery-Rand bikin computer bernama LARC. Computer ini, yang di kembangkan untuk laboratorium daya atom, bisa mengatasi beberapa data yang besar, suatu kekuatan yang sangatlah diperlukan oleh peneliti atom. Mesin computer LARC itu sangatlah mahal serta condong terlampau kompleks untuk keperluan komputasi usaha, hingga kepopulerannya jadi terbatas. Cuma ada dua LARC yang pernah dipasang serta dipakai ; yakni satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, serta yang lain ada di US Navy Research and Development Center di Washington D. C. Computer generasi ke-2 ini sudah menukar bhs mesin dengan bhs assembly. Bhs assembly yaitu bhs yang memakai singkatan-singakatan untuk menukar kode biner.

Setelah itu pada awal th. 1960-an, awalilah bermunculan computer generasi ke-2 yang berhasil di bagian usaha, di kampus, serta di pemerintahan. Komputer-komputer generasi ke-2 ini adalah komputer yang seutuhnya sudah memakai transistor. Mereka juga mempunyai komponen-komponen yang bisa diasumsikan dengan computer pada sekarang ini : printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, serta program.

Juga sebagai salah satu misal utama computer pada saat ini yaitu IBM 1401 yang di terima dengan cara luas di kelompok industri. Pada th. 1965, nyaris semua bisnis-bisnis besar menggunakan computer generasi ke-2 juga sebagai alat untuk mengolah info keuangan perusahaan.

Program yang tersimpan didalam computer serta bhs pemrograman yang ada di dalamnya memberi fleksibilitas pada computer. Fleksibilitas ini tingkatkan kemampuan computer dengan harga yang layak untuk pemakaian computer untuk usaha. Dengan rencana ini, computer bisa cetak faktur pembelian customer serta lalu menggerakkan design product atau mengkalkulasi daftar upah. Sebagian bhs pemrograman mulai bermunculan ketika itu. Bhs pemrograman Common Business-Oriented Language disingkat COBOL serta Formula Translator disingkat FORTRAN, sudah mulai umum dipakai. Bhs pemrograman ini menukar kode mesin yang rumit dengan kalimat, kalimat, serta formula matematika yang lebih gampang dipahami oleh manusia. Hal semacam ini mempermudah seorang untuk memprogram serta mengatur computer. lalu nampaklah Beragam jenis karier baru di bagian computer seperti programmer, analyst, teknisi computer dan sebagainya. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan serta berkembang pada generasi ke-2 computer ini.

0 komentar:

Posting Komentar