Senin, 09 Maret 2015

Inilah Sejarah Komputer Generasi Pertama






Computer adalah suatu piranti yang demikian mutakhir serta banyak memberi faedah untuk umat manusia. Mau tahu bagaimanakah suatu computer itu terwujud, serta mulai sejak kapan computer itu mulai ada, siapapun orang yang diakui oleh Tuhan juga sebagai penghubung lahirnya computer didunia ini? Bila mau tahu lebih detil silakan simak penjelasan komplit pada artikel dibawah ini dibawah ini.

Artikel Histori computer pada blog ini bakal di sajikan ke empat sisi yakni, dari mulai histori computer generasi pertama sampei generasi keempat

Computer Generasi Pertama

Pada awalnya computer pada generasi pertama ini yaitu waktu berlangsung perang dunia ke-2, negara-negara yang turut ikut serta dalam perang dunia itu berupaya meningkatkan computer untuk mengoptimalkan kekuatan dalam mengatur strategis yang dipunyai oleh computer. Hal semacam ini memengaruhi penambahan pendanaan pengembangan computer juga turut dan mempercepat perkembangan perkembangan tehnik computer. Th. 1941, seseorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse bangun suatu computer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang serta peluru kendali.

Ditempat lain ada Pihak sekutu juga yang juga bikin perkembangan lain dalam pengembangan kekuatan computer. Pada th. 1943, pihak Inggris sukses merampungkan suatu computer pemecah kode rahasia yang di beri namakan Colossus yang berperan untuk memecahkan kode rahasia yang dipakai oleh negara Jerman. Dampak dari pembuatan Colossus sesungguhnya sedikit memengaruhi perubahan industri computer, hal semacam itu dapat berlangsung lantaran ada dua argumen yakni ; yang pertama, colossus yaitu bukanlah computer serbaguna dalam bhs inggrisnya “general purpose computer”, ia di buat cuma agar dapat memecahkan kode rahasia. Yang ke-2, kehadiran mesin ini dijaga kerahasiaannya sampai satu dekade sesudah perang usai.



Sedang usaha yang dikerjakan oleh pihak Amerika ketika itu yaitu membuahkan satu perkembangan lain bila dibanding dengan sekutu. Seseorang insinyur Harvard yang bernama Howard H. Aiken (1900-1973) bekerja bersama dengan IBM, sukses membuahkan kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator itu memiliki ukuran sangatlah besar, yakni dengan panjang 1/2 lapangan sepak bola serta mempunyai rentang kabel selama 500 mil (besar sekali kan?). Computer itu yaitu ; The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, adalah computer relai elektronik. Mark I memakai tanda elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mark I beropreasi dengan lambat, ia membutuhkan saat 3-5 detik untuk tiap-tiap perhitungan serta tak fleksibel yakni urutan kalkulasinya tidak bisa dirubah. Mark I itu bisa lakukan perhitungan aritmatik basic serta persamaan yang lebih kompleks.

Perubahan computer lain pada saat itu yaitu Electronic Numerical Integrator and Computer singkatannya yaitu ENIAC, yang di ciptakan karena hubungan kerja pada pemerintah Amerika Serikat serta University of Pennsylvania. Computer ENIAC terbagi dalam 18. 000 tabung vakum, 70. 000 resistor, serta 5 juta titik solder, computer ENIAC adalah computer yang sangatlah besar ia memerlukan daya sebesar 160kW.

Computer ENIAC didesain oleh John Presper Eckert 1919-1995 serta John W. Mauchly 1907-1980, ENIAC adalah computer serbaguna general purpose computer yang dapat bekerja 1000 kali lebih cepat bila dibanding dengan computer Mark I.

lalu ada pertengahan th. 1940-an, John von Neumann 1903-1957 berhimpun dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membuat rencana disain computer yang hingga 40 th. yang akan tiba masih tetap bisa dipakai dalam tehnik computer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer EDVAC pada th. 1945 dengan suatu memori untuk menyimpan baik program maupun data. Langkah tersebut sangat mungkin computer bisa berhenti disuatu waktu serta lalu meneruskan pekerjaannya lagi. Kunci paling utama arsitektur von Neumann yaitu unit pemrosesan sentral (CPU), yang sangat mungkin semua manfaat computer untuk dikoordinasikan lewat satu sumber tunggal. Pada th. 1951, UNIVAC I atau kepanjangannya yaitu Universal Automatic Computer I yang di buat oleh Remington Rand, jadi computer komersial pertama yang memakai jenis arsitektur von Neumann itu.

Tubuh Sensus Amerika Serikat serta General Electric mempunyai UNIVAC. Salah satu hasil yang sangatlah mengesankan yang diraih oleh UNIVAC yaitu ketika sukses memperkirakan kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam penentuan presiden pada Th. 1952.

Computer Generasi pertama ini bisa dikarakteristikan dengan kenyataan bahwa instruksi operasi di buat dengan cara khusus untuk pekerjaan spesifik. Tiap-tiap computer mempunyai program kode-biner yang tidak sama yang dimaksud dengan “bahasa mesin” dalam bhs inggrisnya yaitu “machine language”. Hal semacam ini jadikan computer susah untuk diprogram serta membatasi kecepatannya. Ciri lain computer generasi pertama yaitu penggunaan tube vakum (yang jadikan computer pada saat itu terlihat memiliki ukuran sangatlah besar) serta silinder magnetik yang berfungi sebagai penyimpan data.

0 komentar:

Posting Komentar